Rabu, 18 Juli 2007

Misi SAR Hidayatullah

Adalah ikut serta membangun bangsa dan melaksanakan kegitana-kegiatan kemanusiaan terutama dalam hal pencarian dan penyelamatan yang dikarenakan bencana baik bencana alam maupun bencana yang disebabkan oleh ulah manusia.

*Pemberdayaan masyarakat dalam menanggapi musibah adalah sesuatu yang penting guna menanggulangi keterbatasan sumber daya manusia serta sarana dan prasarana yang efektif dan sfisien dalam menanggulangi musibah secara cepat dan tepat. Apabila hal ini dapat ditempuh maka dengan sendirinya upaya peningkatan sikap mental, kesetiakawanan social masyarakat dapat ditumbuh kembangkan.

*Menanggapi permasalahan tersebut diatas seyogyanya SAR Hidayatullah dapat mengambil peran serta aktif dan positif. SAR Hidayatullah memiliki potensi yang cukup besar untuk ditumbuh kembangkan sehingga pada saatnya dapat mengambil peran dalam pelaksanaan operasi-operasi sar, Penaggulangan Bencana dan tugas-tugas kemanusiaan lainnya.

*Salah satu upaya untuk meningkatkan peran seta SAR Hidayatullah dalam pelaksanaan operasi-operasi SAR, penanggulangan bencana dan tugas-tugas kemanusiaan lainnya dalah dengan membina dan mengmbangkan anggota SAR Hidayatullah melalui program pembinaan potensi SAR Hidayatullah, baik ditingkat daerah maupun tingkat nasional yang diselaraskan dengan program dan misi pembangunan kota atau kabupatennya.

*Sehubungan dengan hal tersbut diatas, maka SAR Hidayatullah bermaksud menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan SAR Hidayatullah

Pendidikan dan Pelatihan Dasar SAR dilaksanakn selama 7 hari berturut-turut.

MATERI

  1. Pencarian dan Pertolongan (Search And Rescue)
  2. Manajemen Penanggulangan Bencana (Dsaster Management)
  3. Penanganan Keadaan Darurat Madis (Medical First Aid Respond)
  4. Keterampilan Pemadam Kebakaran (Firefighter skill/firebrigade)
  5. Pengembaraan dan Penjelajahan ( Adventure Rescue)

METODELOGI PELATIHAN

  1. Kuliah Terori dan Diskusi,
  2. Pemecahan Masalah, Kerjasama tim
  3. Prakterk Lapangan, Kunjungan
  4. Simulasi.

PERSYARATAN PESERTA

  1. Tingi badan minimal 150 cm, berat badan 50 kg dan prioritas tidak berkacamata pa
  2. Tidak memiliki cacat tubuh yang mempengaruhi secara langsung aktifitas pelatihan.
  3. Menyerahkan salinan Surat Berkelakuan Baik dari Kepolisian.
  4. Menyerahkan salinan bukti diri SIM/KTP yang berlaku.
  5. Menyerakan formulir Pendaftaran
  6. Rekomendasi lulus pendidikan SAR atau pertolongan atau Penanggulangan Bencana yang

diselenggarakan sebelumnya (jika ada)

  1. menyerakan foto ukuran 4x6 tiga lembar dan 3x4 tiga lembar serta ukuran postcard satu lembar
  2. lulus test kesehatan (general checkup) test psikologi, test samapta
  3. menyerahkan surat keterangan sehat dari dokter
  4. berkas pendaftaran dan biaya kegiatan selambat-lambatnya diterima panitia pelaksanaan 15 hari

sebelum pelaksanaan

  1. membawa perlengkapan dan perbekalan

* visi SAR Hidayatullah adalah ikut serta membangun bangsa dan melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan terutama dalam hal pencarian dan penyelamatan yang dikarenakan bencana baik bencana alam maupun bencana yang disebabkan oleh ulah manusia.

*Upaya pembangunan masyarakat diberbagai bidang tidak terlepas dari resiko pengyelenggraan pembangunan itu sendiri, tugasdan tanggung jawab badan-badan resmi untuk penanggulangan musibah baik dari jajaran pemerintah Daerah, Kepolisian dan satuan-satuan Militer lainnya, tidaklah mudah tanpa adanaya dukungan dan pertisipasi dari masyarakat. Berbagai musibah yang terjadi dalam tahun-tahun terakhir ini menunjukkan kurangnya paritsipasi dan kemampuan msyarakat dalam penanggulangan musibah.

*Pemberdayaan masyarakat dalam menggapi musibah adalah suatu yang penting guna menanggulangi keterbatasan sumber daya manusia serta sarana dan prsarana yang efektif dan efisien dalam nmennggulangi musibah secara cepat dan tepat. Apabila hal ini dapat ditempuh maka dengan sendirinya upaya peningktan sikap mental, kesetiakawanan sosial masyarakat dapat ditumbuh kembangkan.

*Mennggapi permasalahan tersebut diatas seyogyanya SAR Hidayatullah dapat mengambil perasn secara aktif dan positif. AR Hiayatullah memiliki potensi yang cukup besar untuk ditumbuh kembangkan sehingga pada saatnya dapat mengambil peran dalam pelaksanaan operasi-operasi SAR, penanggulangan bencana dan tugas-tugas kemanusiaan lainnya adalah dengan membina dan mengembangkan anggota SAR Hidayatullah melalui program pembinaan potensi SAR Hidayatullah, baik ditingkat daerah maupun tingkat Nasionla yang diselaraskan dengan program dan misi pengembangan kota atau kabupatennya.

*Sehubungan dengan hal tersebut diaatas, maka SAR Hidayatullah bermaksud menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan SAR Hidayatullah.

DASAR HUKUM

*Landasan operasional penyelenggaraan SAR adalah Amanat GBHN tahun 1993 yaitu ..” Pencarian dan penyelamatan manusia sebagai akibat dari musibah, bencana peristiwa alam dan bencana lainnya yang merupakan tugas nasional dan harus dilaksanakan secara terkoordinasi oleh berbagai pihak yang perlu terus dimantapkan melalui peningktan organisasi, kualitas sumber daya manusia, manajemen serta sarana dan prasarana agar mampu menyelenggrakan bantuan penyelamatan dengan cepat dan tepat ”.

*Dan GBHN tahun 1999 (bab IV G-1-D) yaitu ...” membangun ketahanan sosial yang mampu memberi bantuan penyelamatan dan pemberdayaan terhadap penyandang maslah kesejahteraan sosial dan korban bencana srta mencegah timbulnya gizi buruk dan turunnya kualitas generasi muda ”.

*Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2000 tentang Penanggulangan Bencana

*Surat MENDAGRI Nomor 370-05/2837/53 TENTANG Pembentukan Satgas SAR dalam lingkungan Pemerintah Propinsi dan Kabupaten/kota, yaitu suatu lembaga non structural yang mempunyai tugas melaksanakan pembinaan potensi SAR yang ada dalam wilayah masing-masing.

*Keputusan Mentri KIMPRASWIL No. 11/KPTS/2000 tentang ketentuan teknis manajemen penanggulangan kebakaran di perkantoran,

*Keputusan Badan SAR Nasional Departemen Perhubungan Republik Indonesia Nomor : skep/47/IV/1993 tentang pengesahan pedoman koordinasi SAR di wilayah dan Daerah.

MAKSUD

  1. Menyelenggarakan Pendidikan dan pelatihan AR Hidayatullah secara terpadu, terarah dan professional dengan konsep siap praktek kerja
  2. menyelenggrakan DIKLATSAR Hidayatullah dalam rangka mengimplementasikan peras serta SAR Hiayatullah pada masyarakat (service community) sebagai wujud bentuk kepedulian.
  3. Memfasilitasi dan mengarakan minat dan bakat anggota SAR Hidayatullah pada kegiatan pertolongan dan penyelamatan dengan penyelarasan visi dan misi SAR Hidayatullah yang nyata, andal dan professional.
  4. melakukan kerjasama lintas sektoral dengan instansi-instansi terkait dalam program pengembangan penanggulangan bencana.

TUJUAN

  1. Memberi bekal pengetahuan dan keterampilan teknis SAR, Emergency Response Actions Steps, Disaster Management, dan Medical First Aid Responder pada anggota SAR Hidayatullah untuk dapat diaplikasikan pada kepentingan pembangunan masyarakat.
  2. Memberi motivasi dan meningkatkan kratifitas anggota SAR Hidayatullah pada pemahaman budi pekerti, watak dan mental
  3. mewujudkan program SAR Hidayatullah dalam melaksanakan kegiatan kemanusiaan.

SASARAN

Sasaran yang dicapai melalui penyelenggaraan Pelatihan Penangguangan Bencana bagi SAR Hidayatullah adalah,l Peserta dapat mengenal bentuk-bentuk taktis/praktis operasional SAR dan membuat Network Emergency Response Team.

RUANG LINGKUP

Petunjuk pelaksanaan Pelatihan ini disusun dengan raung lingkup sebagai berikut :

  1. Pendahuluan
  2. Penyelenggaraan
  3. Susunan Panitia dan Deskripsi kerja
  4. Penutup
  5. Lampiran-lampiran
Penyelenggara
  1. Kegiatan ini dinamakan Pendidikan dan Pelatihan SAR Hidayatullah yang selanjutnya disebut DIKLAT SAR HIDAYATULLAH
  2. kegiatan ini diselenggrakan dalam bentuk kuliah teori, praktek lapangan dan simulasi operasi SAR.

TAHAP-TAHAP PENYELENGGARAAN

Perencanaan

  1. Penyusun Petunjuk Pelaksanaan
  2. Pembentukan Kepanitiaan

A Persiapan

  1. Publikasi kegiatan, pendaftaran peserta dan seleksi peserta
  2. Penyusunan rencana operasional latihan,
  3. Survey lapangan dan pemantapan rencana operasi latihan,
  4. Prosesi perizinan, pencarian dana kegiatan, pengadaan sarana penunjang,
  5. Penyiapan keprotokolan.

B Pelaksanaan

  1. Upacara Pembukaan,
  2. Kuliah teori, Praktek lapangan,
  3. Upacara Penutup

C Penyelesaian

  1. Recheck administrasi dan perlengkapan,
  2. Evaluasi kegiatan
  3. Penyusunan laporan kegiatan
  4. Penyampaian ucapan terima kasih
PENUTUP

Tentunya kami berharap bahwa melalui kegiatan ini potensi SAR Hdayatullah dapat meningkatkan eksetensi, fungsi dan perannya dalam upaya memberikan rasa aman apada masyarakat. Kami sangat menantikan dukungan baik moril maupun materil dari semua pihak yang terkait guna terealisasinya kegitan ini.

Semoga Allah SWT meridhai upaya kita, amiin .

Jakarta,

SAR Hidayatullah

Selamat Datang di Blog SAR Hidayatullah

REKOMENDASI:Tampilan Maksimal, Aman dari Virus dan Proses Cepat Gunakan Browser Mozila Firefok, klik Banner di bawah Untuk Download.

Anggota Komunitas: